Selamat Datang di Web Kami

Case Study (Daryadi, SPd)

Rabu, 18 Mei 20110 komentar

Besar Harapan Siswaku Antusias

Oleh : Daryadi

SMP Negeri 2 Giritontro

Hari Kamis, tanggal 27 januari tahun 2011, pukul 11.35 ,sesuai jadwal saya harus mengajar di kelas VIII E jam ke 7 - 8. Bel tanda masuk sudah berbunyi, Kuteliti kelengkapan perangkat mengajar ,daftar hadir siswa agenda mengajar, RPP, media pembelajaran ,buku referensi dan LKS. Mulailah beranjak mengayunkan kaki menuju laboratorium IPA. Siang ini saya mau menyampaikan materi KD 2.2 , dilanjutkan praktikum tentang fotosintesis.

Sebagai pendahuluan untuk menggali potensi siswa kutunjukkan dua benda dan kutanyakan “ apa ini anak –anak?” jawab mereka ” daun pak yang satu lampu .”.Jawab kalian benar.tapi yang satu ini namanya pembakar busen “Coba yang satulagi ini apa?” Jawab mereka “ kaki tiga ”. Jawab kalian benar. Coba siapa yang masih ingat bahan-bahan fotsintesis ?. Ada 8 orang siswa tunjuk jari dan 3 siswa Sarsini, Yudis dan Puji mejawab benar.Sebagian besar siswa masih ragu dan takut menjawab dan 4 siswa Yusuf , Rian Dimas dan raka masih asyik bicara dengan teman semeja.

Sebagai kegiatan inti, Saya menunjukan bagian daun yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis melalui carta. Kemudian saya menjelaskan alat serta bahan yang akan digunakan untuk melakukan eksperimen. Saya lanjutkan dengan menjelaskan urutan kerjanya. Tidak ketinggalan saya mendemonstrasikan proses eksperimennya.

Pada saat Elaborasi siswa dibagi menjadi 10 kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 siswa. Kemudian tiap kelompok melakukan kegiatan eksperimen dipandu guru. Semua kelompok dan tiap siswa mencatat data yang telah diperoleh. Pada kegiatan ini banyak siswa yang aktif dan antusias. Kegiatan kelompok berjalan dengan lancar. Tetapi presentasi kurang berjalan sebagaimana yang saya harapkan. Dalam presentasi tiap kelompok masih kelihatan canggung dan kaku. Kelompok 1 presentasi diwakili oleh Indarka membacakan dan menuliskan hasil diskusi kelompoknya.Setelah semua membacakan dan menyampaikan hasil diskusi kelompok, setelah di teliti ternyata hanya 5 kelompok saja yang sempurna jawabnya dan 5 kelompok lainnya kurang sempurna dan perlu penguatan.

Untuk memperjelas konsep materi bagi siswa, guru perlu memberikan penguatan berupa simpulan yang dirangkum dari diskusi antar kelompok. Bersama siswa merangkum dan menyimpulkan dalam catatan masing-masing dengan jawaban yang benar. Kutanyakan kepada semua kelompok ” Apakah hasil pekerjaan kalian benar anak – anak ”.Jawab sebagian besar mereka ” kurang sempurna pak ”. Ada 5 kelompok yang sudah benar yaitu kelompok 1, 3,6, 7 dan kelompok 9. Sebenarnya sebagian besar proses pembelajaran sudah sesuai dengan harapan saya dalam hal pemahaman terhadap materi pelajaran. Akan tetapi masih ada ganjalan yang ada dihati saya.

Ternyata masih ada beberapa anak yang belum paham, kemudian model dan metode yang bagaimana agar siswa menjadi lebih aktif dan lebih antusias lagi dalam proses pembelajaran.

Refeksi

Saya menyadari bahwa dalam proses pembelajaran ini masih banyak kekurangan . Kulihat ada beberapa siswa yang kurang aktif dan antusias dalam mengikuti pelajaran. Tentu saja saya punya harapan yang lebih dari proses pembelajaran yang telah berlalu. Harapan saya pembelajaran memberikan ketrampilan dan pengetahuan bagi siswa, pembelajaran lebih bermakna, sehingga dapat menghantarkan siswa pada cita-citanya. Amiin.

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger