Selamat Datang di Web Kami

Kajian Kritis (Budi Hartanto, S.Pd.)

Rabu, 18 Mei 20110 komentar

LAPORAN KAJIAN KRITIS PROGRAM BERMUTU

SANGGAR 7 MGMP IPA KABUPATEN WONOGIRI

Nama : Budi Hartanto, S.Pd.

NIP : 19790624 200801 1 010

Unit Kerja : SMP N 1 Giritontro

Judul Bacaan/Artikel :

PENGENALAN BENDA CAGAR BUDAYA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN KECINTAAN TERHADAP WARISAN BUDAYA BANGSA.

Penulis : Mimi Savitri (Dosen Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya UGM)

Tahun Penulisan : 2001

Ringkasan Bacaan :

PENDAHULUAN

Benda-benda peninggalan sejarah dan purbakala dapat menumbuhkan kesadaran sejarah, semangat perjuangan dan cinta tanah air bagi bangsa Indonesia. Sebagai generasi yang hidup di masa kini, maka sudah selayaknya apabila benda cagar budaya sebagai warisannenek moyang itu dipelihara dan dilestarikan keberadaanya agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang demi kesinambungan pembangunan bangsa.

Peraturan-peraturan pemerintah yang diharapkan mampu mengantisipasi masalah-masalah yang berkaitan dengan benda cagar budaya tampaknya belum mencapai hasil yang maksimal. Banyak kendala yang dihadapi seperti ketidaktahuan ataupun kurangnya kesadaran masyarakat akan nilaim penting cagar budaya bagi pembinaan dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan, serta fungsi benda cagar budaya sebagai sarana untuk memupuk kebanggaan nasional dalam upaya memperkokoh jati diri bangsa.

METODE PENGABDIAN MASYARAKAT

Pengabdian yang diselenggarakan di SD Muhammadiyah I Surakarta dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan yang disesuaikan dengan khalayak sasaran yaitu murid kelas V. Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian tersebut adalah pemberian ceramah dan tanya jawab serta kuis berhadiah.

HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN

Tanggapan positif yang diberikan yang diberikan oleh para siswa atas terselenggaranya kegiatan ini menunjukkan bahwa mereka merasa puas dengan materi-materi ang diberikan oleh para penceramah. Keinginan untuk menetahui lebih jauh lagi tentang benda cagar budaya serta kehidupan manusia pendukungnya itu tercermin dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para siswa. Kegiatan lain yang dilakukan untuk menambah semangat para siswa adalah denagn menadakan kuis berhadiah. Jawaban-jawaban yang diberikan oleh para siswa menunjukkan bahwa upaya untuk mengenalkan benda cagar budaya beserta dengan segala persoalannya telah mencapai hasil yang memuaskan.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kegiatan pengabdian dapat berjalan dengan baik dan lancar karena didukung oleh metode penyampaian materi yang bervariasi serta komunikatif

Kegiatan pengenalan benda cagar budaya kepada siswa sekolah dasar hendaknya dapat diselenggaran lagi pada masa-masa mendatang karena apresiasi terhadap benda cagar budaya yang ditanamkan sejak dini sangat berguna untuk mendukung usaha pelestarian benda cagar budaya.

Penilaian Terhadap Bacaan :

- Format penulisan kesimpulan dan saran seharusnya dipisah.

- Proses editing kurang teliti sehingga banyak tanda baca yang kurang tepat dan masih banyak kesalahan dalam pengetikan kata-katanya.

- Ada beberapa buku pustaka yang digunakan bukan pustaka terkini.

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger