Selamat Datang di Web Kami

Case Study (Asih Pujiastuti, SPd)

Rabu, 18 Mei 20110 komentar

SULITKAH MENUMBUHKAN KEAKTIFAN MEREKA?

Oleh : ASIH PUJIASTUTI,S.Pd

SMP Negeri 2 Paranggupito

Hari ini udara cukup cerah.Semoga kegiatan di hari ini juga dapat berjalan dengan baik dan lancer.Pada hari ini,kamis tanggal 13 Januari 2011 saya memiliki jadwal mengajar biologi di SMP Negeri 2 Paranggupito kelas VII.

Waktu tepat menunjukkan pukul 7,saya segera bersiap-siap berangkat ke sekolah.Sesampainya disekolah saya menyiapkan segala sesuatu yang saya perlukan untuk kegiatan belajar mengajar mulai dari silabus,RPP,buku-buku yang sesuai dengan materi yang akan saya ajarkan.Saya mengajar di kelas VIIA pada jam pelajaran ke 5-6 yaitu pukul 10.05-11.25.Tepat pukul 10.05 bel berbunyi tanda jam pelajaran ke empat telah selesai.Saya bergegas mengambil buku yang sudah saya persiapkan tadi dan segera menuju ke ruang kelas VIIA.Saat masuk ke kelas VIIA suasana kelas hening,dan saya segera mengawali pertemuan hari itu dengan mengucapkan salam kepada siswa kelas VIIA.Mereka dengan serentak dan penuh semangat membalas salam yang saya ucapkan.Sebelum saya mulai pelajaran,saya menuliskan tentang standar kompetensi dan kompetensi dasar dari materi yang akan saya sampaikan dipapan tulis.Standar kompetensi:memahami keanekaragaman makhluk hidup ,Kompetensi dasar: mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dengan materi yaitu ciri-ciri makhluk hidup yang merupakan materi yang sudah pernah dipelajari di Sekolah Dasar.Berarti kita tinggal mengulang materi yang sudah pernah disampaikan.

”Anak-anak,apakah kalian sudah mengenal yang namanya makhluk hidup dan tak hidup?”Tanya saya.”sudah”jawab mereka.Lalu saya mencoba mengajak anak-anak untuk mengenal perbedaan antara makhluk hidup dengan tak hidup berdasarkan ciri-ciri atau sifatnya.Setelah anak-anak paham tentang cirri-ciri makhluk hidup saya meminta mereka untuk membentuk kelompok diskusi.Dalam satu kelompok terdiri dari 4 siswa,karena dalam satu kelas berjumlah 24 siswa maka dalam kelas tersebut terdapat 6kelompok.Mereka segera duduk berhadap-hadapan dengan anggota kelompoknya masing-masing.Saya membagikan materi tentang cirri-ciri makhluk hidup dan mereka saya minta berdiskusi untuk menjelaskan maksud dari cirri-ciri makhluk hidup tersebut.

Dengan cara berdiskusi seperti ini,saya berharap mereka bisa ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran.Tetapi apa yang saya dapatkan,ada beberapa anak yang hanya diam bahkan mereka malah asyik mengobrol dengan teman satu kelompoknya.Setelah kurang lebih 20 menit mereka saya beri kesempatan untuk berdiskusi,selanjutnya perwakilan dari masing-masing kelompok harus mengemukakan hasil diskusinya.Masih ada beberapa kelompok yang meras akesulitan mengemukakan penjelasan mengenai cirri-ciri makhluk hidup tersebut.

Pada akhir kegiatan diskusi,mereka saya ajak membuat kesimpulan dari kegiatan diskusi yang sudah dilaksanakan tadi.Mereka hanya diam saja,setelah menunggu beberapa saat dan tidak ad ayang mau membuat kesimpulan akhirnya saya sendiri yang menarik kesimpulan dari kegiatan diskusi tersebut.Ternyata dari hasil pengamatan saya selama kegiatan pembelajaran tersebut,diskusi kelompok seperti ini belum bias membuat siswa aktif .Saya harus berfikir untuk menemukan strategi yang menyenangkan dan bias membuat siswa ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger