Selamat Datang di Web Kami

PTK oleh Dra. Tri Suyati

Minggu, 12 Januari 20140 komentar

Implementasi Metode Coopetative Learning Tipe Jigsaw Sebagai Upaya untuk MeningkatkanAktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Berbagai Sistem dalam Kehidupan Manusia Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangtengah Tahun Pelajaran 2013/2014.

image

Dra.TRI SUYATI.2013. Implementasi Metode Coopetative Learning Tipe Jigsaw Sebagai Upaya untuk MeningkatkanAktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Berbagai Sistem dalam Kehidupan Manusia Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangtengah Tahun Pelajaran 2013/2014.

Kata Kunci: Pemahaman Materi Berbagai Sistem dalam Kehidupan Manusia,Metode Coopetatif Learning Tipe Jigsaw.

Prestasi Belajar Biologi siswa SMP Negeri 2 Karangtengah pada materi berbagai sistem dalam kehidupan manusia belum sesuai dengan yang diharapkan . Hasil pengamatan sementara menunjukkan bahwa guru belum menggunakan metode pembelajaran yang membuat siswa banyak beraktifitas.Ini terlihat masih rendahnya keterlibatan dalam pembelajaran,dan hasil belajarnyapun rendah.

Untuk itu, penelitian tindakan kelas ini mencoba menggunakan metode Coopetatif Learning Tipe Jigsaw dengan alasan bahwa secara teori metode ini menjadikan siswa banyak beraktifitas dalam pembelajaran. Denggan menggunakan metode Coopetatif Learning Tipe Jigsaw ini diharapkan pula para siswa menjadi lebih senang dan antusias dalam belajar ,sehingga mereka lebih mudah memahami materi yang dipelajarinya dan hasil belajarnyapun meningkat.

Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu; tahap perencanaan tindakan,pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan,dan refleksi tindakan.

Pada akhir pelaksanaan tindakan, di setiap siklus tampak ada peningkatan rasa senang, antusias, dan keaktifan siswa selama pembelajaran, dan hasil belajar di setiap siklus meningkat pula, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Coopetatif Learning Tipe Jigsawdapat meningkatkan hasil belajar Biologi.

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger