Selamat Datang di Web Kami

PTK oleh Bhety Hapsari Mulyo, S.Pd

Minggu, 12 Januari 20140 komentar

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Klasifikasi Benda Melalui Model Belajar Penemuan Berbasis Eksperimen pada siswa kelas VIIC Semester 1 SMP Negeri 1 Giritontro Tahun Pelajaran 2013/2014.

image

ABSTRAK

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Klasifikasi Benda Melalui Model Belajar Penemuan Berbasis Eksperimen pada siswa kelas VIIC Semester 1 SMP Negeri 1 Giritontro Tahun Pelajaran 2013/2014.

(Bhety Hapsari Mulyo, S.Pd.)

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi, dan lingkungan peserta didik. Model belajar penemuan berbasis eksperimen sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas peserta didik dan hasil belajar IPA pada materi berbagai sistem dalam kehidupan manusia . Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian tindakan kelas.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Giritontro yang berjumlah 26 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes tertulis, observasi, dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis tindakan yaitu: (1) terjadi peningkatan aktivitas preserta didik bila dibandingkan antara prasiklus siklus yaitu nilai rata-rata 2,96 (sedang) di akhir siklus 2 menjadi 4,12 (baik); (2) terjadi peningkatan pencapaian ketuntasan belajar belajar peserta bila dibandingkan antara prasiklus yaitu 14 peserta didik (61,54 %) di akhir siklus 2 menjadi 26 peserta didik (100 %) sehingga sudah mencapai tingkat ketuntasan sebagaimana telah ditetapkan yaitu 100 %. Terjadi peningkatan pencapaian nilai rata-rata bila dibandingkan antara prasiklus 71,35 di akhir siklus 2 menjadi 79,23 Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model belajar penemuan berbasis eksperimen dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan hasil balajar IPA materi klasifikasi benda.

Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Belajar Penemuan Berbasis Eksperimen

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger