Selamat Datang di Web Kami

PTK oleh Dwi Susanti, S.Pd.

Minggu, 12 Januari 20140 komentar

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Kelistrikan dengan Model Pembelajaran VAK bagi Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Tirtomoyo Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014

(Dwi Susanti, S.Pd.)

 

image

 

 

ABSTRAK

Dalam melaksanakan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan gaya belajar siswa. Model pembelajaran VAK sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi Kelistrikan. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian tindakan kelas.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Tirtomoyo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian, dan menjawab hipotesis tindakan, yaitu: (1) terjadi peningkatan aktivitas belajar IPA, yaitu nilai rata-rata 2,75 (sedang) pada prasiklus meningkat menjadi menjadi 4,09 (baik) pada akhir siklus 2; (2) terjadi peningkatan pencapaian ketuntasan belajar IPA, yaitu 17 siswa (53,13%) pada prasiklus meningkat menjadi 32 siswa (100%) pada akhir siklus 2, sehingga sudah mencapai tingkat ketuntasan seperti yang telah ditetapkan, yaitu 100% dan terjadi peningkatan pencapaian nilai rata-rata, yaitu 71,66 pada prasilkus meningkat menjadi 78,94 pada akhir siklus 2. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK dapat meningkatkan aktivitas dan hasil balajar IPA materi Kelistrikan.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar IPA, Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran VAK

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger