Selamat Datang di Web Kami

PTK oleh Siti Chotimah

Minggu, 12 Januari 20141komentar

image

ABSTRAK

Siti Chotimah, S.Pd, Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Usaha, Gaya Dan Energi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Bagi Peserta Didik Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Karangtengah Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014.

Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Karangtenagh belum dapat dilaksanakan secara efektif. Pembelajaran IPA yang belum efektif di SMP Negeri 3 Karangtengah ditunjukkan oleh berbagai indikator, di antaranya banyaknya siswa yang kurang memahami konsep IPA yang diajarkan dan rendahnya prestasi belajar IPA. Rendahnya prestasi belajar IPA tersebut salah satunya ditunjukkan oleh rendahnya hasil ulangan harian siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Karangtengah Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014.

Hasil ulangan harian kelas VIIIA SMP Negeri 3 Karangtengah Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014 untuk mata pelajaran IPA adalah sebagai berikut : 9 anak (42,85%) mendapatkan nilai diatas KKM, dan 12 anak (57,15%) lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM, nilai rata-rata 53,92 nilai tertinggi 76 dan nilai terendah 40. Selanjutnya berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran selama ini diperoleh hasil sebagian besar siswa terlihat pasif, siswa cenderung diam saat kegiataan pembelajaran terjadi. Prestasi belajar IPA yang masih rendah ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : kurangnya variasi yang dikembangkan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran, proses belajar hanya dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, serta anggapan bahwa IPA secara umum hanyalah ilmu yang rumit tetapi tidak ada manfaatnya di dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan penelitian tindakan kelas VIIIA SMP Negeri 3 Karangtengah Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014 ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas serta meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014, dimulai pada pekan pertama bulan September 2013 sampai dengan pekan keempat bulan Desember 2013 di SMP Negeri 3 Karangtengah. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIIIA 2013/2014 yang terdiri atas 2 siswa, 11 siswa laki-laki dan10 siswa perempuan.

Model Pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Tehnik ini memberikan kesempatan pada  siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Tehnik ini juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama mereka. Number Head Together adalah suatu Model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas

. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi usaha, gaya dan energi pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Karangtengah tahun 2013/2014

Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, NHT, Prestasi Belajar.

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

24 Februari 2020 pukul 05.35

If you're looking to lose kilograms then you absolutely have to get on this brand new personalized keto plan.

To create this keto diet, licenced nutritionists, personal trainers, and chefs have joined together to develop keto meal plans that are powerful, suitable, cost-efficient, and satisfying.

From their launch in 2019, 100's of clients have already remodeled their figure and well-being with the benefits a proper keto plan can provide.

Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones offered by the keto plan.

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger