Selamat Datang di Web Kami

PTK oleh Drs. B Agung Suprijanto

Minggu, 12 Januari 20140 komentar

Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 3 Karangtengah Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014

image

 

ABSTRAK

Drs. B Agung Suprijanto. NIP. Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 3 Karangtengah Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. PTK.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar melalui pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 3 Karangtengah Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2013/2014. (2) Untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 3 Karangtengah Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2013/2014.

Pendekatan dalam penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan adalah suatu kajian tentang situasi sosial dengan tujuan memperbaiki mutu tindakan dalam situasi sosial tersebut (Sarwiji Suwandi, 2008: 14). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama (Suharsimi Arikunto, 2006: 3). Pendekatan ini dipilih didasarkan pada tujuan penelitian yang ingin dicapai, yaitu penerapan pendekatan inkuiri tebimbing dengan metode pictorial riddle pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar.

Keimpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle dapat meningkatkan aktivitasi belajar siswa kelas VIIID SMP Negeri 3 Karangtengah Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2013/2014. Besarnya peningkatan aktivitas belajar siswa adalah pada pratindakan sebesar 38,10% pada siklus I meningkat menjadi 51.59% dan pada siklus II meningkat menjadi 96.83%. (2) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 3 Karangtengah Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2013/2014. Besarnya peningkatan prestasi belajar ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar dari pratindakan sebesar 33,33%, siklus I sebesar 61,90% dan siklus II sebesar 95,24%

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger