Selamat Datang di Web Kami

PTK oleh Bardiyanto,S.Pd.

Minggu, 12 Januari 20140 komentar

Upaya meningkatkan minat belajar biologi materi persendian melalui metode pembelajaran group investigation pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Paranggupito Semester I tahun pelajaran 2013/2014

image

ABSTRAK

Bardiyanto,S.Pd. Upaya meningkatkan minat belajar biologi materi persendian melalui metode pembelajaran group investigation pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Paranggupito Semester I tahun pelajaran 2013/2014

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 1 Paranggupito kabupaten Wonogiri berlangsung kurang efektif dan efisien hal ini tercermin dari tingkat penguasaan materi yang cenderung tidak bertahan lama, lebih dari 60 % siswa kelas VIII C belum dapat memahami kompetensi dasar dengan baik sehingga prestasi belajar mereka rendah.Dari prestasinya yang cenderung rendah karena belum adanya minat belajar yang tinggi dari siswa-siswa kelas VIIIC. Setelah dilakukan observasi dan wawancara dengan siswa tentang permasalahan yang dihadapai oleh siswa ternyata guru belum menerapkan metode pembelajaran yang variatif dan menarik serta kurang melibatkan aktivitas maupun tanggung jawab siswa baik secara individual maupun kelompok.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode group investigation baik dari segi penguasan materi pelajaran maupun motivasi belajar.

Penelitian ini dilakasanakan mulai bulan Oktober 2013 sampai dengan Desember 2013 di SMP Negeri 1 Paranggupito pada kelas VIII C dengan jumlah peserta didik 29 terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan.

Metode pembelajaran Group Investigation ini membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara materi yang yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Dengan metode pembelajaran ini minat belajar siswa meningkat dan hasil pembelajarannya diharapkan lebih bermakna bagi siswa.

Kata Kunci : Minat Belajar, group investigation, persendian

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger