Selamat Datang di Web Kami

PTK oleh Budi Hartanto, S.Pd.

Minggu, 12 Januari 20140 komentar

Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA Materi Pemuaian Zat Bagi Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Giritontro Kabupaten Wonogiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014

image

ABSTRAK

Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA Materi Pemuaian Zat Bagi Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Giritontro Kabupaten Wonogiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014

(Budi Hartanto, S.Pd.)

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteritik materi, dan lingkungan peserta didik. Model pembelajaran problem posing sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas peserta didik dan prestasi belajar IPA pada materi pemuaian zat . Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian tindakan kelas.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Giritontro yang berjumlah 26 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes tertulis, observasi, dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis tindakan yaitu: (1) terjadi peningkatan aktivitas siswa bila dibandingkan antara prasiklus siklus yaitu nilai rata-rata 2,88 (sedang) di akhir siklus 2 menjadi 4,19 (baik); (2) terjadi peningkatan pencapaian ketuntasan belajar belajar siswa bila dibandingkan antara prasiklus yaitu 8 siswa (30,77 %) di akhir siklus 2 menjadi 26 siswa (100 %) sehingga sudah mencapai tingkat ketuntasan sebagaimana telah ditetapkan yaitu 100 %. Terjadi peningkatan pencapaian nilai rata-rata bila dibandingkan antara prasiklus 60,96 di akhir siklus 2 menjadi 81,85. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan prestasi balajar IPA materi pemuaian zat.

Kata kunci: Aktivitas, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Problem Posing

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger