Selamat Datang di Web Kami

PTK oleh Agus Dwianto, S.Pd

Minggu, 12 Januari 20140 komentar

Penerapan Strategi Pembelajaran Snow Balling untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IXA SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2013/2014

image

ABSTRAK

Agus Dwianto, S.Pd, Penerapan Strategi Pembelajaran Snow Balling untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IXA SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2013/2014.
Permasalahan utama dalam pembelajaran IPA di kelas IXA SMP Negeri 2 Paranggupito pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Listrik Statis. Rendahnya hasil belajar ditandai rendahnya prosentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan.
Hasil ulangan harian pada materi Listrik Statis masih jauh dari harapan, yaitu 60,71 % siswa memperoleh nilai di bawah 76 dan 39,29% siswa telah mencapai nilai minimal 76. Rendahnya hasil ulangan harian merupakan salah satu indikasi bahwa penguasaan konsep IPA oleh siswa masih rendah. Sedangkan, rendahnya aktivitas siswa ditunjukkan dengan beberapa indikator berikut : (1) rendahnya kemauan siswa untuk memperhatikan pembelajaran, (2) rendahnya kemauan siswa untuk bertanya, (3) rendahnya kemauan mengerjakan tugas yang diberikan guru, (4) rendahnya kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru, (5) rendahnya kemauan siswa untuk berdiskusi.
Hasil belajar IPA yang masih rendah ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : (1) guru lebih sering menggunakan strategi pembelajaran konvensional sehingga kurang menyenangkan bagi siswa, (2) aktivitas siswa di dalam pembelajaran masih rendah. Hal ini karena siswa belum dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui penerapanan strategi pembelajaran Snow Balling pada materi Energi dan Daya Listrik.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014, dimulai pada pekan pertama bulan September 2013 sampai dengan pekan keempat bulan Desember 2013 di SMP Negeri 2 Paranggupito. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri atas 28 siswa, 14 siswa laki-laki dan14 siswa perempuan. Pengambilan subyek penelitian berdasarkan kondisi kelas yang memiliki aktivitas dan hasil belajar yang rendah..
Strategi pembelajaran yang yang dipergunakan adalah snow balling. Dinamakan snow balling dikarenakan dalam pembelajaran siswa melakukan tugas secara berpasangan. Dari pasangan tersebut kemudian mencari pasangan yang lain sehingga semakin lama anggota kelompok semakin besar bagai bola salju yang menggelinding. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapanan strategi pembelajaran Snow Balling dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Paranggupito tahun pelajaran 2013/2014 pada materi Energi dan Daya Listrik. Penerapan strategi pembelajaran Snow Balling juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Snow Balling, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger