Selamat Datang di Web Kami

Case Study (Bhety Hapsari Mulyo,S.Pd)

Rabu, 18 Mei 20110 komentar

Sulitnya Memahamkan Materi Pada Diri Mereka

Bhety Hapsari Mulyo,S.Pd

(Guru SMPN 1 Giritontro, Kabupaten Wonogiri)

Jumat, 5 Februari 2011 hari ini saya masuk kelas jam ke 4 dan ke 5 dikelas VIII C untuk mengajar Biologi BAB III, materi yang saya sampaikan pada pertemuan kali ini adalah mengenai gerak pada tumbuhan. Standar Kompetensi (SK) pada pembelajaran ini adalah Memahami Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan sedangkan Kopetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai siswa adalah Mengidentifikasi Macam-macam Gerak Pada Tumbuhan. Materi ini saya sampaikan menggunakan model group resume dengan metode diskusi.

Sebelum memulai materi saya menyampaikan tujuan pembelajaran ini kepada siswa yaitu siswa dapat mengidentifikasi macam-macam gerak tumbuhan. Siswa tampak memperhatikan, sebelum masuk materi saya menyampaikan motivasi pentingnya materi ini mengenalkan rasa syukur pada Allah karena kita sebagai makhuk-Nya yang mampu bergerak aktif sedangkan pada tumbuhan melakukan gerak secara pasif (tidak berpindah), kemudian saya menyampaikan materi Gerak Pada Tumbuhan. anak-anakpun dengan antusias memperhatikan materi yang sedang saya sampaikan. Saya memulai memberikan ceramah penghantar, saya memberikan contoh-contoh macam gerak mereka kelihatan bisa membayangkan contoh gerak itu dan memberikan contoh gerak lain yang sudah ada di buku LKS Biologi kelas VIII semester II kemudian anak secara berkelompok membuat rangkuman dari materi macam-macam gerak yang saya sampaikan, saya membagi kelompok menjadi delapan kelompok tiap kelompok 4 orang dengan model pembagian rata,tiap kelompok ada siswa yangmempunyai nilai bagus pada pelajaran saya sebagai ketua kelompok. Saya mengamati cara kerja mereka 1 orang yang saya anggap mampu dalam setiap kelompok ternyata tidak mengecewakan saya mereka begitu serius mengerjakan tugas yang saya berikan dan hafal sekali pada macam-macam gerak tumbuhan serta member contoh sesuai apa yang saya harapkan tetapi 3 anggota dalam tiap kelompok itu kelihatan pasif, mereka kelihatan santai dalam menerima tugas yang saya berikan.

Kemudian diakhir dari pembelajaran saya, saya mencoba mengadakan kuis untuk menjajaki kemampuan mereka pada soal kuis tersebut saya memberikan contoh-contoh tumbuhan kemudian saya mencocokan hasil kuis bersama siswa, setelah saya analisis soal yang berupa contoh gerak yang saya ambil dari LKS dan yang saya berikan saat memberikan ceramah di depan kelas mereka bisa tetapi jika soal contoh gerak saya ambil dari referensi yang lain mereka binggung untuk memasukannya dalam macam gerak apa. Kemudian saya simpulkan bahwa mereka hanya hafal saja terhadap materi itu tanpa memahaminya. Saya berfikir cara apa yang bisa dalam memudahkan dalam memahami materi ini.

Saya merasa tidak mudah untuk memahamkan siswa dalam suatu materi masih banyak yang harus saya perbaiki dalam pembelajaran ini.

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger