Selamat Datang di Web Kami

Kajian Kritis (Asih Pujiastuti,S.Pd)

Rabu, 18 Mei 20110 komentar

KAJIAN KRITIS

SUDAH TEPATKAH STANDAR PENILAIAN UJIAN NASIONAL?

(Suatu Kajian Kritis Terhadap Artikel Berjudul: Mengatasi Kebuntuan Ujian Nasional,Tulisan : Satryo Soemantri Brodjonegoro)

Oleh : Asih Pujiastuti,S.Pd

Pendahuluan

Tulisan yang berjudul Mengatasi Kebuntuan Ujian Nasional dapat diakses di internet pada alamat Kompas.com,diakses pada tanggal 13 Januari 2010.

Tulisan ini merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh Satryo Soemantri Brodjonegoro yang merupakan seorang Guru Besar Universitas Teknologi Toyohashi,Jepang dan Mantan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi.

Tema yang diambil Sdr.Satryo penting untuk dikaji.Artikel ini sepertinya ditujukan untuk semua kalangan yang memiliki perhatian dengan penyelenggaraan Ujian Nasional.Melalui media internet dan surat kabar setiap orang mendapat kesempatan untuk menanggapi terhadap artikel tersebut.

Sebagai pembahasan yang mengangkat masalah penting dalam pendidikan,maka artikel ini memeiliki arti penting dan perlu dibaca.

Rangkuman

Dalam memaparkan gagasannya saudara Satryo mengorganisasi isi artikelnya ke dalam beberapa bagian,yaitu:pendahuluan dalam bentuk narasi tanpa judul,Hakikat penilaian,Hakikat kelulusan,Solusi untuk Ujian Nasional.Pada bagian pendahuluan,penulis menceritakan sebuah kisah nyata tentang perbedaan pendapat antara pemerintah dengan masyarakat tentang Ujian Nasional.Perbedaan pendapat itu harus diputuskan oleh Mahkamah Agung.Artinya,kita belum mempunyi sistem penilaian kelulusan yang tepat untuk sistem pendidikan yang dijalankan selama ini.

Hal yang paling penting kalau kita tidak mempunyai sisitem penilaian yang tepat bagaimana kita dapat mengetahui mutu kita.Penilaian yang dilakukan untuk membandingkan kondisi akademik awalnya dan kondisi akademiknya setelah menyelesaikan masa belajar.Kita memerlukan suatu kriteria kelulusan yang erat kaitannya dengan kemampuan yang dimiliki peserta didik.Proses penilaian kelulusan sepenuhnya dilakukan oleh sekolah atau institusi pendidikan melalui guru serta kepala sekolah.

Pemerintah/Kementrian Pendidikan Nasional melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menetapkan Standar yang berlaku nasional dan menetapkan kisi-kisi soalujian yang disesuaikan dengan standar tersebut.

Kritik

Deskripsi pada bagian pendahuluan seharusnya tidak perlu.Akan lebih baik apabila penulis memberi gambaran tentang deskripsi Ujian Nasional yang saat ini sedang dibicarakan masyarakat.Akan llebih baik lagi apabila didukung dengan data-data yang valid berdasarkan hasil penelitian/survey.

Pada sub judul hakikat penilaian,penulis hanya mengulas mengenai hasil yang dicapai didapat dengan mambandingkan kondisi awal akademik dengan kondisi akademiknya setelah menyelesaikan proses belajar.Seharusnya saudara Satryo mengulas tentang definisi penilaian dan bagaimana cara melakukan penilaian terhadap peserta didik.

Pada sub judul Hakikat kelulusan,penulis artikel lebih banyak mengemukakan standar kebisaan harus disesuaikan dengan Negara-negara maju.Seharusnya penulis lebih mengutamakan standar kebisaan itu dari potensi peserta didik dinegara kita lebih dulu,karena kemampuan peserta didik Negara kita dengan Negara maju berbeda.Hal tersebut bias terjadi karena Negara-negara maju memiliki teknologi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Negara kita.

Pada sub judul Solusi untuk Ujian Naional,penulis tidak memberikan deskripsi yang jelas.Penulis hanya menuliskan yang berwenang memberikan proses penilaian terhadap peserta didik dan kepada sekolah penyelenggara Ujian Nasional.Untuk solusi bagaimana cara menghadapi Ujian Nasional belum dibahas dalam artikel ini.

Dalam keseluruhan tulisannya,penulis artikel belum menyampaikan pengertian penilaian,kelulusan dan bagaimana solusi yang baik atau tepat menghadapi Ujian Nasional.Apakah sistem penilaian dan standar kelulusan sudah tepat digunakan untuk mengetahui potensi dan kemampuan peserta didik.

SIMPULAN

Akhirnya tulisan Saudara Satryo sebagai wacana agar pemerintah dapat menetapkan penilaian dan standar kelulusan yang tepat.Sekolah dan pendidik atau guru lebih memotivasi peserta didik agar mempersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi Ujian Nasional.

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger