Selamat Datang di Web Kami

PTK (Yunita Rahmawati)

Jumat, 03 Juni 20110 komentar

ABSTRAK

Yunita Rahmawati, Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A Dengan Metode Eksperimen Bervariasi Meteri Getaran dan Gelombang SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo Tahun Pelajaran 2010/2011.

Metode Eksperimen Bervariasi melatih siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, menanamkan sikap kerjasama dalam kelompok serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan sehingga segala kendala yang dihadapi dalam dunia pendidikan dapat diatasi terutama masalah hasil belajar ataupun aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka diharapkan guru mampu membuat variasi dalam menyampaikan pelajaran karena kretivitas maupun figure guru sangat menentukan keberhasilan pendidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan indikator utama yaitu sekurang-kurangnya 75% siswa mencapai ketuntasan minimal 65 ( enam puluh lima), (2) Meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam proses belajar mengajar (KBM).

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 pada minggu Ketiga bulan Desember 2010 sampai minggu ketiga bulan Februari 2011 di kelas VIII A SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang memuat tahap perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi dengan teknik pengumpulan data berupa hasil evaluasi dan observasi terhadap siswa.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada silkus I dan siklus II. Nilai Rata-rata Kelas UUS Gasal 59,50 siklus I menjadi 60,22 dan siklus II 68,03. Prosentase Ketuntasan UUS Gasal 36,11%, siklus I 63,89% , siklus II 77,77%. Selain peningkatan hasil belajar terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari semakin sedikitnya jawaban “tidak pernah” dari angket yang di berikan oleh guru.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Penggunaan metode eksperimen bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo Tahun Pelajaran 2010/2011 pada materi Getaran dan Gelombang. Penggunaan metode eksperimen bervariasi juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam proses belajar mengajar (KBM).

Kata kunci : Hasil belajar, Getaran dan Gelombang, metode eksperimen bervariasi

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger