Selamat Datang di Web Kami

PTK (Agus Dwianto)

Jumat, 03 Juni 20110 komentar

ABSTRAK

Agus Dwianto, S.Pd, Penerapan Metode Team Quiz untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIIIc SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Pokok Bahasan Bunyi.

Pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Paranggupito saat ini masih belum efektif. Hal ini ditunjukkan oleh berbagai indikator, di antaranya : (1) siswa cenderung enggan menjawab pertanyaan yang diajukan guru, (2) sebagian besar siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru, (3) hanya siswa tertentu saja yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan (4) minat siswa dalam kegiatan pembelajaran rendah. Rendahnya efektifitas pembelajaran tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : (1) siswa beranggapan bahwa Fisika sulit, (2) Fisika dianggap identik dengan hitungan, (3) guru belum menerapkan metode pembelajaran aktif, dan (4) siswa belum secara aktif dilibatkan dalam pembelajaran.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2010/2011.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2010/2011, dimulai pada pekan pertama bulan Januari 2011 sampai dengan pekan kedua bulan Maret 2011 di SMP Negeri 2 Paranggupito. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri atas 22 siswa, 12 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki.

Metode pembelajaran yang yang dipergunakan adalah metode Team Quiz di mana diwali dengan guru menyajikan materi secara klasikal, lalu siswa dibagi kedalam tiga kelompok besar. Semua anggota kelompok bersama-sama mempelajari materi tersebut, saling memberi arahan, saling memberikan pertanyaan dan jawaban untuk memahami mata pelajaran tersebut. Setelah selesai materi maka diadakan suatu pertandingan akademis. Dengan adanya pertandingan akademis ini maka terciptalah kompetisi antar kelompok, para siswa akan senantiasa berusaha belajar dengan motivasi yang tinggi agar dapat memperoleh nilai yang tinggi dalam pertandingan.

Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode Team Quiz dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan bunyi.

Kata Kunci : Metode Team Quiz, Minat Belajar.

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger