Selamat Datang di Web Kami

PTK (Budi Hartanto)

Jumat, 03 Juni 20110 komentar

ABSTRAK

Budi Hartanto, S.Pd, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Biologi Materi Bioteknologi Pada Kelas IX E SMP Negeri 1 Giritontro Tahun Pelajaran 2010/2011.

Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Bioteknologi, mereka sulit memahami dan menghafal nama-nama mikroorganisme, sehingga masih banyak siswa yang mempunyai nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pelaksanaan pembelajaran IPA kurang efektif dan efesien, hal ini tercermin dari penguasaan materi pelajaran oleh siswa tidak bisa bertahan lama, dimana sebagian besar peserta didik belum bisa memahami kompetensi dasar IPA dengan baik sehingga belum dapat mencapai batas kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Giritontro Tahun Pelajaran 2010/2011 serta meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA Biologi.

Penelitian ini dilakasanakan pada semester II tahun pelajaran 2010/2011, dimulai pada pekan pertama Januari 2011 sampai dengan pekan kedua Maret 2011 di SMP Negeri 1 Giritontro. Penelitian dilakukan terhadap kelas IX E SMP Negeri 1 Giritontro yang terdiri atas 36 siswa, 18 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki.

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yaitu dengan cara guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran, kemudian peserta didik diminta untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan tersebut secara mandiri untuk beberapa saat. Peserta didik diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Giritontro tahun pelajaran 2010/2011 pada materi Bioteknologi serta meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA Biologi.

Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, Bioteknologi, Prestasi Belajar

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger