Selamat Datang di Web Kami

PTK (Irfanudin)

Jumat, 03 Juni 20110 komentar

ABSTRAK

Irfanudin, SPd. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan LKS Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Materi Kelangsungan Hidup Organisme Di SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2010/2011.

Dalam kurikulum 2004 kita tidak bisa lagi mempertahankan paradigm lama yaitu guru merupakan pusat kegiatan belajar di kelas.Perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa di SMP Negeri 2 Paranggupito Kabupaten Wonogiri. Proses pembelajaran Biologi masih didominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa dalam kelas masih kurang.Hal ini berpengaruh pada rendahnya nilai rata-rata siswa termasuk dalam pokok bahasan cirri-ciri makhluk hidup.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS Bergambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi Kelangsungan Hidup Organisme pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2010/2011.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus,yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi.Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus,kemampuan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi.

Sebelum dilaksanakan tindakan menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tuntas yang belum tuntas adalah 38 siswa,siswa yang sudah tuntas adalah 19 siswa dengan rata-rata nilai 59. Pada siklus 1 siswa yang belum tuntas adalah 10 siswa dan siswa yang sudah tuntas adalah 30 siswa dengan nilai rata-rata 69.25.Pada siklus 2 siswa yang belum tuntas 3 siswa dan siswa yang sudah tuntas adalah 37 siswa dengan nilai rata-rata 70,5.

Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS Bergambar dapat meningkatkan hasil belajar materi Kelangsungan Hidup Organisme pada kelas IX SMP Negeri 2 Paranggupito. Saran yang dapat diajukan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS Bergambar perlu dilaksanakan guru untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa.

Kata kunci: hasil belajar, strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD
Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger