Selamat Datang di Web Kami

PTK (Bhety Hapsari M)

Jumat, 03 Juni 20110 komentar

ABSTRAK

Bhety Hapsari M, SPd. Penerapan Metode Explorer Environment and Learning Experiment (EELE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Proses Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Manusia.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar Biologi Materi Gerak pada Tumbuhan melalui Metode Environment Explorer and Learning Experiment (EELE) dan (2) peningkatan proses belajar Biologi Materi Gerak pada tumbuhan melalui Metode Environment Explorer and Learning Experiment (EELE.) Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII C SMP Negeri 1 Giritontro tahun pelajaran 2010/2011 dengan subyek penelitian 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.

Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan masing – masing siklus meliputi empat tahapan penelitian yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif dimana peneliti melibatkan guru IPA untuk melaksanakan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil belajar dan proses belajar antara kondisi awal dengan siklus I, membandingkan siklus I dan siklus II dan membandingkan kondisi awal dan siklus II.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan metode Environment Explorer and Learning Experiment (EELE) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi Materi Gerak pada Tumbuhan bagi Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Giritontro pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Terbukti dari rerata yang diperoleh pada kondisi awal 55,0 meningkat menjadi 71,2 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 75,3 pada siklus II atau mengalami kenaikan 20,3. Kedua, penggunaan metode Environment Explorer and Learning Experiment (EELE) dapat meningkatkan proses belajar Biologi Materi Gerak pada Tumbuhan bagi Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Giritontro pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Terbukti dari proses belajar yang diamati rerata skor naik dari siklus I 3,44 dan meningkat menjadi 3,83 pada siklus II atau mengalami kenaikan 0,39.

Penggunaan Metode Environment Explorer and Learning Experiment (EELE) hendaknya dikembangkan dalam proses pembelajaran di kelas khususnya dalam pembelajaran IPA Biologi di SMP agar hasil belajar dan proses belajar pada aspek pemahaman dan penerapan konsep serta aspek kinerja ilmiah dapat menjadi lebih baik.

Kata kunci:, Metode Environment Explorer and Learning Experiment (EELE), hasil belajar, Proses Belajar, Gerak pada Tumbuhan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger