Selamat Datang di Web Kami

PTK - Elvi Rutantini, S.Pd

Rabu, 23 Januari 20130 komentar

 

PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKAMATERI GETARAN DAN GELOMBANG PADA SISWA KELAS VIII D

SMP NEGERI 2 BATURETNO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Elvi Rutantini, S.Pd, SMP Negeri 2 Baturetno, 2012

 

image

ABSTRAK

Metode pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) melatih siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran sehingga segala kendala yang dihadapi dalam dunia pendidikan dapat diatasi terutama masalah hasil belajar ataupun aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka diharapkan guru mampu membuat variasi dalam menyampaikan pelajaran karena kretivitas maupun figure guru sangat menentukan keberhasilan pendidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Baturetno Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan indicator utama yaitu sekurang-kurangnya 75% siswa mencapai ketuntasan minimal 69 ( enam puluh sembilan), (2) Meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam proses belajar mengajar (KBM).

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 pada minggu pertama bulan Januari sampai minggu kedua bulan Maret 2012 di kelas VIII D SMP Negeri 2 Baturetno. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang memuat tahap perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi dengan teknik pengumpulan data berupa hasil evaluasi dan observasi terhadap siswa.

Dari hasl penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada silkus I dan siklus II. Nilai Rata-rata Kelas UUS Gasal 56,91 siklus I menjadi 59,09 dan siklus II 65,45. Prosentase Ketuntasan UUS Gasal 30,30%, siklus I 54,56% , siklus II 78,79%. Selain peningkatan hasil belajar terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari semakin sedikitnya jawaban “tidak pernah” dari angket yang di berikan oleh guru.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Penggunaan metode pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil beajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Baturetno Tahun Pelajaran 2011/2012 pada materi Getaran dan Gelombang. Penggunaan metode pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam proses belajar mengajar (KBM).

Kata kunci : Hasil belajar, Getaran dan Gelombang, Student Teams-Achievement

Division (STAD)

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger