- Fungsi dan Prinsip Kerja
Fungsi :
Alat kuadrat ini untuk mengamati organisme yang berada di dalam kuadrat tersebut.
Prinsip kerja:
Alat ini untuk mengamati kepadatan populasi dan mengidentifikasikan komponen-komponen ekosistem yang berada di dalam kuadrat, dengan cara melemparkan kuadrat secara sembarang di kebun sekolah atau di sekitar lingkungan sekolah.
- Desain Alat
Foto 1: Kuadrat.
- Perkakas
1. Gergaji
2. Pasah
3. Bor
4. Tang
5. Amplas
6. Baut
7. Kuas
- Alat dan Bahan
1. Papan kayu untuk dibuat ukuran 1cm x 4 cm x 58 cm, 4 buah.
2. Cat kayu.
- Cara Membuat
1. Siapkan papan kayu untuk dibuat ukuran 1cm x 4 cm x 58 cm, 4 buah, dengan cara digergaji.
2. Pasah kayu tersebut .
3. Amplas kayu tersebut sehalus mungkin sesuai dengan selera anda.
4. Lubangi kayu tersebut dengan jarak dari ujungnya masing-masing 2cm dengan hati-hati agar tidak pecah.
5. Untuk membuat agar kuadrat memiliki nilai estetika dan lebih awet anda lakukan pengecatan sesuai dengan keinginan anda.
6. Setelah kering siapkan bahan dan buat kuadrat dengan ukuran sisi dalam 50 cm x 50 cm seperti pada gambar berikut:
7. Foto 3 : Kuadrat yang sudah jadi
- Cara menggunakan
1. Setelah kuadrat selesai dirangkai, cek bautnya disetiap pojok kuadrat.Jika tidak ada masalah laksanakan langkah berikutnya.
2. Pergilah ke kebun sekolah atau ke padang rumput di sekitar sekolah. Lemparkan kuadrat ke sembarang arah. Lakukan pengamatan terhadap organisme yang berada di dalam kuadrat tersebut.
3. Catat hitunglah jumlahnya!
4. Jika menemukan jenis organisme yang belum anda ketahui identitasnya, ambil dan masukan ke dalam kantung plastik untuk diamati lebih teliti di laboratorium!
5. Lemparkan sekali lagi kuadrat ke sembarang tempat lainnya.
- Saran Pembelajaran
1. Kelas : VII SMP
2. Standar Kompetensi : 7. Memahami Saling Ketergantungan dalam Ekosistem.
3. Kompetensi dasar : 7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antar komponen ekosistem.
Kompetensi Dasar | Pembelajaran | Materi Pokok |
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antar komponen ekosistem. | Mengamati dan mengidentifikasikan komponen-komponen ekosistem | Kepadatan Populasi. |
- Pemanfaatan alat dalam Pembelajaran.
1. Penugasan
Pengadaan kuadrat dapat dilakukan oleh siswa melalui penugasan yang dapat dikerjakan secara berkelompok seminggu sebelum tatap muka. Selanjutnya setiap kelompok diberi kesempatan untuk menyajikan hasil kerja secara bergiliran.
2. Tatap Muka
Kuadrat sebagai alat peraga dapat pula dipersiapkan oleh guru. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, guru melakukan perancangan, pembutan dan uji coba operasional terhadap alat tersebut.
Daryadi, S.Pd
SMPN 2 Giritontro
Posting Komentar