Selamat Datang di Web Kami

PTK - Assani Nugroho, S.Pd

Rabu, 23 Januari 20130 komentar

image

Assani Nugroho, S.Pd, Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Materi Getaran melalui Metode Eksperimen bentuk LKS Modifikasi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Giritontro tahun pelajaran 2009/2010.

Kata Kunci : Metode Eksperimen, LKS Modifikasi, Prestasi Belajar Fisika

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 1 Giritontro Kabupaten Wonogiri terkhusus pada kelas VIIID berlangsung kurang efektif dan efisien hal ini tercermin dari tingkat penguasaan materi yang cenderung tidak bertahan lama, lebih dari 69,40 % siswa kelas VIII D belum dapat memahami kompetensi dasar dengan baik sehingga prestasi belajar mereka rendah. Dari prestasinya yang cenderung rendah karena belum adanya motivasi belajar yang tinggi dari siswa-siswa kelas VIIID. Setelah dilakukan observasi dengan siswa tentang permasalahan yang dihadapai oleh siswa ternyata guru belum menerapkan metode pembelajaran yang variatif dan menarik serta kurang melibatkan aktivitas maupun tanggung jawab siswa baik secara individual maupun kelompok.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan prestasi belajar Fisika materi Getaran melalui Metode Eksperimen bentuk LKS Modifikasi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Giritontro tahun pelajaran 2009/2010.

Penelitian ini dilakasanakan mulai bulan Februari 2010 sampai dengan April 2010 di SMP Negeri 1 Giritontro pada kelas VIII D dengan jumlah peserta didik 38 terdiri dari 20 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran eksperimen bentuk LKS modifikasi dapat meningkatkan prestasi belajar fisika dan motivasi siswa. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar secara klasikal sebelum dan sesudah pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Sebelum PTK nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar adalah 59 dan 31,6 %. Sedangka pada siklus I adalah 62 dan 55,2 % dan pada siklus II adalah 70 dan 76,2%.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi para guru dalam memilih metode pembelajaran dan dalam meningkatkan motivasi siswa

Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger