ABSTRAK
Irfanudin, SPd. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan LKS Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Materi Kelangsungan Hidup Organisme Di SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2010/2011.
Dalam kurikulum 2004 kita tidak bisa lagi mempertahankan paradigm lama yaitu guru merupakan pusat kegiatan belajar di kelas.Perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa di SMP Negeri 2 Paranggupito Kabupaten Wonogiri. Proses pembelajaran Biologi masih didominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa dalam kelas masih kurang.Hal ini berpengaruh pada rendahnya nilai rata-rata siswa termasuk dalam pokok bahasan cirri-ciri makhluk hidup.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS Bergambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi Kelangsungan Hidup Organisme pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Paranggupito Tahun Pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus,yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi.Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus,kemampuan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi.
Sebelum dilaksanakan tindakan menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tuntas yang belum tuntas adalah 38 siswa,siswa yang sudah tuntas adalah 19 siswa dengan rata-rata nilai 59. Pada siklus 1 siswa yang belum tuntas adalah 10 siswa dan siswa yang sudah tuntas adalah 30 siswa dengan nilai rata-rata 69.25.Pada siklus 2 siswa yang belum tuntas 3 siswa dan siswa yang sudah tuntas adalah 37 siswa dengan nilai rata-rata 70,5.
Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS Bergambar dapat meningkatkan hasil belajar materi Kelangsungan Hidup Organisme pada kelas IX SMP Negeri 2 Paranggupito. Saran yang dapat diajukan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan LKS Bergambar perlu dilaksanakan guru untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa.
Posting Komentar