ABSTRAK
Upaya peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan baik sarana, prasarana maupun kualitas pembelajaran yang secara langsung berpengaruh terhadap keberhasilan belajar peserta didik. Pembelajaran akan berhasil dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar akan meningkat jika peserta didik mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Untuk meningkatkan motivasi belajar Biologi pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo, diterapkan pembelajaran menggunakan strategi Group Investigation dan Card Shot. Upaya ini dilakukan pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas meliputi 2 siklus. Siklus pertama menunjukkan hasil bahwa terjadi peningkatan motifasi dan aktivitas belajar siswa serta hasil belajarnya. Namun pada siklus ini masih terjadi permasalahan sehingga diperlukan adanya perbaikan. Hasil perbaikan tersebut digunakan dasar pelaksanaan siklus II. Hasil pembelajaran siklus II menunjukkan peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa dibandingkan siklus I. Dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi pembelajaran yang sesuai.
Posting Komentar